Asteroid

Banyak orang menganggap langit itu indah, nyatanya di luar sana banyak asteroid mengancam yang pada suatu ketika bisa menghancurkan bumi dan seisinya.

melodisenja, 2011

Bisa dibilang, seperti inilah bentuknya:

atau yang lebih lengkap:

Kedua gambar itu menunjukkan letak asteroid yang berada di antara planet Mars dan Jupiter. Tahukah jika asteroids suatu saat bisa bertubrukan dengan bumi? Mungkin gambaran nyatanya ada di fim Armageddon ya? Meski itu fiksi tapi bolehlah dijadikan gambaran. Berjuta tahun yang lalu asteroids pernah mampir di bumi dan membuat kawah yang luas sangat di beberapa tempat. Dari data yang saya dapatkan di kaskus, ada 10 kawah terbesar akibat batuan langit yang mampir ke bumi. Konon kawah Chicxulub yang terbentuk di India-lah yang memusnahkan periode kehidupan dinosaurus, sumbernya bisa dibaca di sini. Entah yang mana yang benar, wallohu a’lam.

Tempo hari, saya menonton tayangan BBC Knowledge yang bercerita tentang pengaruh planet terbesar di tata surya, Jupiter dan ‘bahaya’ asteroid terhadap bumi. Sedikit banyak planet terbesar itu memberikan gaya gravitasi yang bisa mempengaruhi pergerakan asteroid. Selama ini asteroid berada di ‘orbit’ aman, berkumpul di ‘sabuk’ yang berada di anatar Mars dengan Jupiter, tapi suatu saat jika terjadi tabrakan maka asteroid akan terpental dan keluar dari ‘orbit’nya. Asteroid inilah yang membahayakan. Dia bisa bergerak kemana saja dan bisa bertubrukan dengan apa saja. Ada juga asteroid lain yang bergerak bebas dan tidak berada di sabuknya (lihat gambar 1), asteroidnya memang gak sebanyak yang ada di ‘orbit’ tapi cukup berbahaya juga. Di tayangan itu disebutkan pula bahwa lebar sabuk asteroid itu lebih besar dari jarak antara bumi dengan matahari. Wow, berarti suangat buanyak asteroid yang bertebaran di angkasa sana ya?

Gak kelihatan memang ya ancaman asteroid jika dilihat dari bumi. Penduduk bumi merasa aman saja, karena tidak melihat asteroid itu dari luar bumi. Atau bisa diibaratkan, kita sebagai penduduk bumi berada di ‘zona nyaman’ yang telah dianugrahkan Alloh kepada kita. Tapi suatu saat zona nyaman itu bisa berubah atas kehendak-Nya. Langit yang indah begitu, ternyata menyimpan ancaman yang mematikan.

Lantas, bagaimana jika langit yang indah itu kita ibaratkan dengan… mmm.. musuh Islam?
Allah ta’ala berfirman,

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang, di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudharatan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka adalah lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya.” (QS. Ali Imran[3]: 118)

Kadang kita tidak menyadari hal ini. Mereka seperti srigala berbulu domba. Di hadapan kita selalu berlaku baik. padahal Alloh sudah peringatkan “kebencian di hati mereka lebih besar lagi“. Dan sebagian muslim meyakini bahwa mereka adalah kafir zimmy. Hmm, setahuku kita tidak berada dalam perjanjian damai dengan mereka. Secara global muslim sedang diperangi. Saya kadang membayangkan reaksi muslim jika saudara-saudara saya itu menyadari bahwa dirinya sedang diperangi. Tak hanya fisik, tapi juga mental dan fikri. Perang fisik terjadi di belahan bumi lain, perang psikologis dan fikri saya kira terjadi di sini. Sedang perang opini melalui media, terjadi di seluruh dunia.Masalah perang media juga rupanya masih banyak muslim yang tidak menyadarinya. Saya termasuk pengamat konspirasi, tapi alhamdulillah tidak freak. Salah satu konspirasi terbesar yang adalah fitnah 9/11. Saya menyebutnya demikian meminjam istilah @alfitan. Beberapa waktu lalu akun ini menjelaskan anti tesis dari konspirasi yang disebarkan media barat. Para penganut konspirasi itu mungkin lupa, bahwa mereka yang mengatakan 9/11 adalah false flag operation atau inside job atau hanya mengada-ada, sesungguhnya sudah terjebak dalam putaran konspirasi itu sendiri. Sebagai jawaban atas tuduhan2 konspirasi yang dihembuskan media kafir, Al Malahem Media sudah merilis Inspire #7 yang bisa di donlod di sini.

Inspire #7 ini sepertinya edisi khusus memperingati kemenangan mujahidin pada 11 September 10 tahun lalu. Mudah-mudahan kita tidak terjebak dalam badai konspirasi yang mereka hembuskan, ingatlah peringatan Alloh untuk meneliti berita yang datang dari orang-orang kafir:

“Wahai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.(QS. al-Hujurat [49]: 6)

Wallohu a’lam bishowab

ayo nulis lagi, Di!
#edisiantigalau

2 thoughts on “Asteroid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s